florida - whistle

Sabtu, 30 Maret 2013

BELAJAR SASTRA DULUR

PROSA
Karangan bebas yang tidak terikat oleh aturan-aturan yang terdapat dalam sajak (puisi) atau pantun.

PROSA LAMA
Karangan yang diciptakan atau sudah ada sejak zaman dahulu. Prosa lama pada umumnya tidak diketahui penulis aslinya. Prosa lama akrab dengan kehidupan sehari-hari. Biasanya diceritakan kembali secara turun temurun sebagai dongeng pengantar tidur.

LEGENDA
Cerita mengenai asa-usul suatu peristiwa atau sejarah terjadinya suatu tempat.
Contoh:

- Sangkuriang Sakti : Menceritakan tentang terjadinya Gunung Tangkuban Perahu
- Roro jonggrang : Menceritakan asal mula terjadinya Candi Roro Jonggrang

DONGENG
Merupakan dunia hayalan dan imajinasi dari pemikiran seseorang yang kemudian diceritakan secara turun-temurun dari generasi ke generasi. Dongeng adalah cerita yang tidak benar-benar terjadi. Dongeng biasanya berkaitan dengan cerita-cerita aneh pada zaman dahulu. Walau bukan kisah nyata dongeng tetap disuka semua orang karena mengandung nilai-nilai pendidikan budi pekerti luhur.
Contoh:
- Bawang Merah dan Bawang Putih : Menceritakan tentang kesabaran dan budi pekerti yang baik dari seorang anak tiri bernama Bawang Putih yang akhirnya mengantarkan si anak ke dalam kebahagiaan
- Si Kabayan : Cerita tentang seorang yang pandir, malas tapi banyak akalnya
- Lutung Kasarung : Cerita tentang iri hati dan keserakahan yang akhirnya membawa ke jurang kesengsaraan

FABEL
Cerita yang menggambarkan watak dan akal budi manusia yang diperankan oleh binatang. Dalam fabel semua binatang bisa bicara layaknya manusia.
Contoh:
- Si Kancil : Cerita tentang binatang kecil yang cerdik. Walau tubuhnya kecil Kancil dapat mempedayai dan mengalahkan binatang yang lebih besar. Ia selalu dapat mengatasi setiap kesulitan

MITOS
Cerita tentang dewa-dewi atau pahlawan zaman dahulu yang mengandung penafsiran asal usul manusia, alam dan suatu bangsa.
Contoh:
- Dewi Sri : Cerita tentang seorang Dewi yang turun dari kahyangan ke bumi dan menyebabkan terjadinya padi

EPOS
Sejenis karya sastra tradisional yang menceritakan kisah kepahlawanan. Epos ini seringkali dinyatakan dalam bentuk syair.
Contoh:
- Ramayana, Mahabharata, Odysseus, Si Pitung dan Hikayat Hang Tuah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar